Kamis, 13 Agustus 2015

menulis teks ulasan film/drama

Berlatih menulis teks ulasan film/drama
Cobalah kalian baca sebanyak-banyaknya contoh ulasan film yang filmnya pernah kalian tonton.Setelah itu, cobalah kalian amati bagaimana para penulis ulasan tersebut memberikan opini mereka mengenai film-film yang pernah mereka tonton dan bagaimana pula mereka menunjukkan ketertarikan atau kekecewaan mereka akan film-film tersebut.
Langkah-langkah menulis teks ulasan film
1. 1.     Menulis pembuka teks ulasan film(perkenalan)
Contoh 1:
 Setelah terseok-seok membuktikan diri bahwa animasi mereka masih relevan di era perkembangan teknologi yang semakin canggih, Walt Disney kembali menghadirkan pendar pesonanya.Lewat fitur bertajuk Frozen yang menjadi animasi ke-53 mereka, perusahaan ini mengukuhkan diri bahwa kedigdayaan yang pernah diraih tak pernah memudar.
Contoh 2 :
Sudah tidak asing di telinga kita film 5 cm. Sebuah film yang diadaptasi dari salah satu karya novelis muda Indonesia Donny Dhirgantoro dan disutradarai oleh Rizal Mantovani. Film yang diperankan oleh Fedi Nuril sebagai Genta, Denny Sumargo sebagai Arial, Raline Shah sebagai Riani, Igor Saykojisebagai Ian, Herjunot Ali sebagai Zafran, danPevita Pearce sebagai Adinda. Film yang menceritakan banyak sekali nilai-nilai kehidupan ini sangat menggugah para generasi muda untuk selalu berfikir kedepan dan memiliki ide-ide cemerlang. Film ini member pesan kepada kita tentang arti dari persahabatan, cinta, kasih sayang, pengorbanan, nasionalisme, dan impian untuk masa depan.

2.    2.   Menulis synopsis
Synopsis adalah salah satu hal yang penting dicantumkan dalam teks ulasan film.coba kalian amati bentuk-bentuksinopsis film di bawah ini!
Contoh 1:
Mengetengahkan kehidupan Elsa(Idina Menzel) dan Anna(Kristen Bell), dua putrid cantik di Kerajaan Arandelle.Setelah insiden yang hampir membuat nyawa adiknya melayang.Elsa yang memiliki kekuatan menciptakan es terpaksa mengurung diri agar kelebihannya tak membahayakan orang lain.Akan tetapi, semua menjadi tak mudah semenjak kedua orang tuanya meninggal karena kecelakaan laut.Elsa yang harus meneruskan tahta kerajaan, memilih lari lantaran takut kekuatannya mencelakai banyak orang.
Saying, kabur dari tanggung jawab tidak menyelesaikan masalah karena salju malah menimbun Arandelle.Tak mau keadaan semakin parah, Anna ditemani Kristoff(Jonathan Groff), pria penjual es balok, mencari kakaknya agar mengembalikan kakaknya seperti semula.
Contoh 2
‘Tendangan Dari Langit’ berkisah tentang Wahyu (Yosie Kristanto), anak SMA Desa Langitan yang biasa-biasa saja tapi berbakat luar biasa ketika kakinya menggiring M2180-660 bola. Bakatnya itu kemudian dilirik oleh Paklik Hasan (Agus Kuncoro), yang akhirnya menawari Wahyu untuk jadi pemain bayaran. Wahyu yang mengidolakan Irfan Bachdim itu, tentu saja tak menolak, selain bisa bermain bola, dia dibayar pula. Mimpinya bermain satu tim dengan sang idola tinggal di depan mata manakala pelatih Timo melihat permainan bolanya. Tapi semudah itukah bersanding dengan pesepakbola sekelas Bachdim? Seperti yang jamak terjadi di beberapa film, pasti ada konflik dalam tiap cerita. Bakat Wahyu itu tak direstui oleh bapaknya, Pak Darto (Sudjiwo Tejo), yang kesehariannya menjajakan minuman hangat di kawasan gunung Bromo. Jadilah remaja SMA itu kerap sembunyi-sembunyi ketika bermain bola.
3.    3.   Menambahkan detail-detail seputar film
Contoh :
 ILO ILO merupakan ndebut film panjang Athony Chen, sutradara kelahiran Singapura yang lebih dahulu membesut beberapa judul film pendek sejak 2004.Lewat fitur perdananya, Anthony menyajikan kronik social berseting krisis keuangan yang melanda Asia pada tahun 1997.
Meski sederhana, film berhasil mempersembahkan presentasi yang memuaskan baik dari segi acting maupun kapasitas penceritaan naskah yang ditulis sendiri oleh sang sutradara.Tak heran pula bila kemudian filmnya sukses menyabet Camera D’Or dalam Cannes Film Festival 2013.
4.     4.  Menulis komentar pribadi
Perhatikan contoh komentar pribadi penulis ulasan film berikut:
Contoh 1 :

 Kekurangan film yang paling tampak adalah pada urusan naskah. Sebagai bagian pertama dari dwilogi yang direncanakan, ceritanya kurang mengikat emosi. Namun tetap saja, ada hal menarik yang akan di dapat ketika keluar dari bioskop. Selain ingin berjalan-jalan ke luar negeri, muncul keinginan untuk mengenal Islam lebih dekat.

Contoh 2: 
Film dengan jalan cerita yang dapat menghipnotis para penontonnya ini sangat baik dilihat oleh para generasi muda.Film ini tidak mengajarkan hal yang negative untuk para remaja.Banyak sisi positif dari film ini.Hanya saja, mungkin ada selipan adegan romantis yang sebaiknya tidak dilihat oleh anak di bawah umur.Namun, kita semua hanya perlu mengambil sisi positifnya. Kita jadi mengerti apa arti dari sebuah persahabatan, cinta, kasih, perjuangan, dan impian.
Tugas :
1.      Kerjakan kegiatan ini secara individu!
2.      Pilih satu jenis film favorit atau film yang baru kalian tonton!
3.      Tulislah pembuka ulasan filmnya!
4.      Lanjutkan dengan membuat deskripsi, hingga komentar pribadi kalian terhadap film tersebut!
5.      Akhirilah teks ulasan film kalian dengan komentar pribadi yang tegas!  







Tidak ada komentar:

Posting Komentar